Minggu, 21 Juni 2015

Pembelajaran Materi Menghitung PPh dan PBB

A.  Indikator Pembelajaran :
·         Menghitung besarnya Pajak Penghasilan (PPh)
·         Menghitung besarnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
B.  Hal-hal yang perlu dipersiapkan
·         Soal-soal dan jawaban tentang perhitungan Pajak Penghasilan (minimal 5 jenis soal berbeda)
·         Soal-soal dan jawaban tentang perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan (minimal 5 jenis soal berbeda)
·         Karton yang berisi tentang langkah-langkah menghitung PPh (dibuat dengan soal yang berbeda dengan soal yang terdapat dalam kartu soal)
·         Karton yang berisi tentang langkah-langkah menghitung Pajak Bumi dan Bangunan dibuat dengan soal yang berbeda dengan soal yang terdapat dalam kartu soal)
C.  Penyusunan Media
·         Ketik/tulislah soal-soal dan jawaban tersebut pada karton/kertas dengan ukuran 3cmx4cm. Disarankan anda mengetiknya kemudian diprint. Harap dipisahkan antara kartu soal dengan kartu jawaban.
·         Buatlah charta pembelajaran berupa langkah-langkah menghitung PPh (dibuat dengan soal yang berbeda dengan soal yang terdapat dalam kartu soal)
·         Buatlah charta pembelajaran berupa langkah-langkah menghitung Pajak Bumi dan Bangunan (dibuat dengan soal yang berbeda dengan soal yang terdapat dalam kartu soal)
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Membagi siswa secara berkelompok. Namun agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya siswa dibiarkan berpasangan dengan teman sebangku. Guru dapat melakukan perubahan pasangan teman sebangku dengan melihat kemampuan siswa. Diusahakan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman yang baik dipasangkan dengan siswa yang memiliki kemampuan yang rendah. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat menjadikan rekan belajarnya sebagai salah satu sumber belajar (learning with friends)
Langkah-langkahnya :
1.     Siswa dibagi secara berpasangan kemudian guru membagikan kartu soal kepada setiap siswa dimana setiap siswa mendapat sebuah kartu soal yang berisi dua jenis soal (soal tentang menghitung PPh dan PBB). Diusahakan agar tidak ada siswa yang mendapatkan soal yang sama dengan pasangannya.
2.    Guru menampilkan charta/karton yang disediakan tentang langkah-langkah menghitung besarnya Pajak Penghasilan.
3.    Guru meminta siswa untuk melihat adanya perbedaan soal yang terdapat pada kartu soal dengan yang terpajang di karton maupun dengan teman sebangkunya. Guru kemudian mengajak siswa secara bertahap untuk menyelesaikan soal tersebut bersama-sama. Oleh karena itu siswa diminta untuk mempersiapkan lembar untuk mulai mengerjakan soal bersama-sama (dalam hal ini guru dapat mempersiapkan LKS untuk semakin mempermudah siswa)
4.    Guru secara bertahap (step by step) mendemonstrasikan langkah pembelajaran yang terdapat pada karton, pada saat yang sama siswa memperhatikan demonstrasi guru kemudian mengerjakan soal secara bertahap.
5.    Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan :
·         Diharapkan agar guru dapat memperhatikan proses pendemonstrasian cara menghitung Pajak Penghasilan sejalan/seiring dengan pengerjaan siswa pada soal yang terdapat dalam kartu soal.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. Misalnya pada langkah perhitungan tertentu ada siswa yang belum memahami, maka guru bertanggungjawab untuk membimbing siswa tersebut atau meminta teman sebangkunya untuk membantu. Jika masalah tersebut telah diselesaikan, barulah guru dapat melanjutkan ke langkah perhitungan selanjutnya.
6.    Jika sudah selesai guru meminta siswa untuk mengumpulkan pekerjaannya kemudian, hasil pekerjaan siswa dibagikan secara acak untuk diperiksa.
7.    Guru membagikan kartu jawaban kepada setiap siswa, dan kemudian siswa mengoreksi sendiri kesalahan dari teman-temannya.
Lakukan hal-hal yang sama sesuai dengan pembahasan sebelumnya untuk materi perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan
E.  Produk
Di akhir pembelajaran guru dapat meminta siswa secara berkelompok untuk membuat charta perhitungan Pajak Penghasilan serta Pajak Bumi dan Bangunan. Hasil pekerjaan yang terbaik akan ditempel di pojok kelas sebagai salah satu sumber belajar.

model-pembelajaran-demonstrasi

model-pembelajaran-direct-instruction


Semoga bermanfaat…

Mari Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar