A. Indikator Pembelajaran : menjelaskan
pengertian ilmu ekonomi
B. Hal-hal yang perlu dipersiapkan
·
Daftar pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli
yang telah di print. kemudian digunting
bagian per bagian untuk memisahkan nama para ahli dan pengertian ilmu ekonomi.
Untuk
pengertian Ilmu Ekonomi, Anda dapat menemukannya disini.
·
Amplop
·
Karton
C. Penyusunan Media
·
Tuliskan nama para ahli tersebut pada karton atau
di print pada kertas kemudian ditempelkan pada karton.
·
Tuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli
pada karton atau diprint pada kertas, kemudian ditempelkan pada karton.
·
Acaklah kartu yang berisi nama para ahli ekonomi
dan pengertian ilmu ekonomi dan kemudian diisi ke dalam amplop.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Melalui penggunaan media pembelajaran kartu yang bertuliskan
nama-nama ahli ekonomi dan kartu yang berisi pengertian ilmu ekonomi menurut
para ahli kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni :
1. Melaksanakan pembelajaran model menjodohkan
dengan menggunakan media karton
·
Membagi siswa ke dalam kelompok yang disesuaikan
dengan jumlah amplop
·
Siswa secara berkelompok berusaha mencocokkan nama
ahli ekonomi dengan pengertian ilmu ekonomi secara tepat dengan memanfaatkan
sumber belajar seperti buku-buku pelajaran, jaringan internet, maupun
teman-teman sebaya.
·
Siswa menuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut
para ahli yang telah ditemukan ke dalam LKS yang telh disediakan atau di buku
catatan siswa.
·
Berdasarkan pengertian ilmu ekonomi menurut para
ahli yang telah ditemukan oleh siswa, siswa kemudian merumuskan sendiri
pengertian ilmu ekonomi.
2. Melaksanakan pembelajaran model menjodohkan
tanpa menggunakan media karton
Apabila
Bapak/Ibu guru mengalami keterbatasan waktu dalam menyusun media karton, maka
Bapak/Ibu guru dapat langsung membuat daftar nama para ahli beserta pengertian
ilmu ekonomi dalam sebuah tabel acak, seperti contoh berikut ini:
Kemudian kertas
yang berisi tabel nama ahli ekonomi beserta pengertiannya yang telah diacak
tersebut dibagikan kepada siswa secara individu maupun kelompok kemudian
dibagikan kepada siswa untuk dikerjakan.
Secara
mendetail, langkah-langkah pembelajarannya dapat diuraikan sebagai berikut :
·
Membagi siswa ke dalam kelompok yang disesuaikan
dengan jumlah kerta kertas yang berisi tabel nama ahli ekonomi beserta
pengertiannya yang telah diacak. Jika jumlahnya memungkinkan dapat dibagikan
kepada siswa secara berpasangan.
·
Siswa secara berkelompok/berpasangan berusaha
mencocokkan nama ahli ekonomi dengan pengertian ilmu ekonomi secara tepat
dengan memanfaatkan sumber belajar seperti buku-buku pelajaran, jaringan
internet, maupun teman-teman sebaya.
·
Siswa menuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut
para ahli yang telah ditemukan ke dalam LKS yang telah disediakan atau di buku
catatan siswa.
·
Berdasarkan pengertian ilmu ekonomi menurut para
ahli yang telah ditemukan oleh siswa, guru kemudian membimbing merumuskan
sendiri pengertian ilmu ekonomi.
·
Guru meminta beberapa siswa untuk mempersentasikan
hasil kerja didepan kelas.
Nama
ahli
|
Pendapat
ahli tentang pengertian ilmu ekonomi
|
|
Paul
Anthony Samuelson
|
ilmu ekonomi adalah ilmu yang
mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan
manusia yang tidak terbatas. (Economics
is the study the use of scarce resources to satisfy unlimited human wants)
|
|
Robert B. Ekelund Jr. dan
Robert D. Tollison
|
ilmu
ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya
yang langka (Economics is the study of
how society manages its scarces resources)
|
|
Richard
G. Lipsey
|
ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang
mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber
daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka (Economics is the study of how individual and societies, experiencing
virtually limitless wants, choose to allocate scarce resources to best
satisfy their wants)
|
|
N. Gregory Mankiw
|
suatu studi tentang cara orang-orang dan
masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam
menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan
dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke
waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa
datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. (Economics is the study of how people and
society end up choosing, with or without the use of money, to employ scarce
productive resources that could have alternative uses to produce various
commodities over time and distributing them for consumption now, or in the
future, among various person or group in society)
|
E. Produk :
Di akhir kegiatan pembelajaran, Bapak/Ibu Guru dapat menugaskan
siswa secara berkelompok untuk membuat sebuah peta konsep yang menjelaskan pengertian ilmu
Ekonomi menurut para ahli.
Demikian pembahasan saya pada
posting tentang media pembelajaran untuk materi Konsep Ilmu Ekonomi. Informasi
media pembelajaran yang saya sampaikan pada posting ini mungkin bukanlah media
pembelajaran terbaik, namun dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru sebagai
pembanding dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Mengingat dalam pemilihan
media pembelajaran situasi dan kondisi siswa juga menjadi syarat dalam
menentukan jenis media yang akan digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar