Jumat, 05 Juni 2015

Pembelajaran Materi Konsep Ilmu Ekonomi

A.  Indikator Pembelajaran : menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
B.  Hal-hal yang perlu dipersiapkan
·         Daftar pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang telah di print. kemudian digunting bagian per bagian untuk memisahkan nama para ahli dan pengertian ilmu ekonomi.
Untuk pengertian Ilmu Ekonomi, Anda dapat menemukannya disini.
·         Amplop
·         Karton
C.  Penyusunan Media
·         Tuliskan nama para ahli tersebut pada karton atau di print pada kertas kemudian ditempelkan pada karton.
·         Tuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli pada karton atau diprint pada kertas, kemudian ditempelkan pada karton.
·         Acaklah kartu yang berisi nama para ahli ekonomi dan pengertian ilmu ekonomi dan kemudian diisi ke dalam amplop.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Melalui penggunaan media pembelajaran kartu yang bertuliskan nama-nama ahli ekonomi dan kartu yang berisi pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni :
1.  Melaksanakan pembelajaran model menjodohkan dengan menggunakan media karton
·         Membagi siswa ke dalam kelompok yang disesuaikan dengan jumlah amplop
·         Siswa secara berkelompok berusaha mencocokkan nama ahli ekonomi dengan pengertian ilmu ekonomi secara tepat dengan memanfaatkan sumber belajar seperti buku-buku pelajaran, jaringan internet, maupun teman-teman sebaya.
·         Siswa menuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang telah ditemukan ke dalam LKS yang telh disediakan atau di buku catatan siswa.
·         Berdasarkan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang telah ditemukan oleh siswa, siswa kemudian merumuskan sendiri pengertian ilmu ekonomi.
2.  Melaksanakan pembelajaran model menjodohkan tanpa menggunakan media karton
Apabila Bapak/Ibu guru mengalami keterbatasan waktu dalam menyusun media karton, maka Bapak/Ibu guru dapat langsung membuat daftar nama para ahli beserta pengertian ilmu ekonomi dalam sebuah tabel acak, seperti contoh berikut ini:
Kemudian kertas yang berisi tabel nama ahli ekonomi beserta pengertiannya yang telah diacak tersebut dibagikan kepada siswa secara individu maupun kelompok kemudian dibagikan kepada siswa untuk dikerjakan.
Secara mendetail, langkah-langkah pembelajarannya dapat diuraikan sebagai berikut :
·         Membagi siswa ke dalam kelompok yang disesuaikan dengan jumlah kerta kertas yang berisi tabel nama ahli ekonomi beserta pengertiannya yang telah diacak. Jika jumlahnya memungkinkan dapat dibagikan kepada siswa secara berpasangan.
·         Siswa secara berkelompok/berpasangan berusaha mencocokkan nama ahli ekonomi dengan pengertian ilmu ekonomi secara tepat dengan memanfaatkan sumber belajar seperti buku-buku pelajaran, jaringan internet, maupun teman-teman sebaya.
·         Siswa menuliskan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang telah ditemukan ke dalam LKS yang telah disediakan atau di buku catatan siswa.
·         Berdasarkan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang telah ditemukan oleh siswa, guru kemudian membimbing merumuskan sendiri pengertian ilmu ekonomi.
·         Guru meminta beberapa siswa untuk mempersentasikan hasil kerja didepan kelas.

Nama ahli

Pendapat ahli tentang pengertian ilmu ekonomi
Paul Anthony Samuelson

ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. (Economics is the study the use of scarce resources to satisfy unlimited human wants)
Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka (Economics is the study of how society manages its scarces resources)
Richard G. Lipsey

ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka (Economics is the study of how individual and societies, experiencing virtually limitless wants, choose to allocate scarce resources to best satisfy their wants)
N. Gregory Mankiw

suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. (Economics is the study of how people and society end up choosing, with or without the use of money, to employ scarce productive resources that could have alternative uses to produce various commodities over time and distributing them for consumption now, or in the future, among various person or group in society)

E.  Produk :
Di akhir kegiatan pembelajaran, Bapak/Ibu Guru dapat menugaskan siswa secara berkelompok untuk membuat sebuah  peta konsep yang menjelaskan pengertian ilmu Ekonomi menurut para ahli.

Demikian pembahasan saya pada posting tentang media pembelajaran untuk materi Konsep Ilmu Ekonomi. Informasi media pembelajaran yang saya sampaikan pada posting ini mungkin bukanlah media pembelajaran terbaik, namun dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru sebagai pembanding dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Mengingat dalam pemilihan media pembelajaran situasi dan kondisi siswa juga menjadi syarat dalam menentukan jenis media yang akan digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar